Pizza itu SEHAT!

Siapa yang suka makan pizza? Saya dong. Hehe..

Tahukah Anda, sampai hari ini masih banyak orang yang percaya bahwa pizza tidak tergolong makanan yang sehat, alias junk food. Alasan utamanya adalah masih disamaratakannya pizza ke dalam makanan cepat saji seperti hamburger, ayam goreng cepat saji, dan kentang goreng. Tahukah Anda bahwa anggapan ini sangat keliru, karena pizza merupakan makanan sehat yang kaya akan nutrisi.

Nggak percaya?

Salah satu bahan utama dari pizza adalah tomat, yang mengandung lycopene, sebuah antioksidan kuat. Lycopene dikenal untuk membantu memerangi berbagai jenis kanker. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang makan pizza setidaknya sekali seminggu memiliki resiko yang jauh lebih rendah untuk terserang kanker usus besar, mulut dan perut serta kanker paru-paru. Lycopene juga diketahui sangat membantu dalam melawan kanker prostat. Studi telah menunjukkan bahwa makan pizza dapat menurunkan kesempatan untuk berkembangnya kanker kerongkongan sebesar 59%.

Dalam studi tentang makanan juga ditemukan fakta lainnya yakni tomat olahan seperti yang ditemukan dalam saus spaghetti atau pizza memiliki kandungan lycopene yang lebih tinggi dari tomat segar. Hal ini dapat terjadi karena selama proses memasak dan mengolah tomat tomat menjadi saus, kandungan air yang terdapat dalam tomat menguap sehngga konsentrasi antioksidan dalam saus lebih tinggi bila dibandingkan dengan tomat segar.

Tidak hanya saus tomatnya yang sangat sehat, pizza juga memiliki topping pizza yang biasanya berupa sayur atau daging yang juga dapat meningkatkan kesehatan Anda.

Bawang kaya kromium, vitamin C, dan serat. Zat-zat tersebut membantu menurunkan gula darah, kolesterol serta tekanan darah. Buah Zaitun yang sering kali digunakan sebagai toping juga mengandung bahan-bahan yang membantu menangkal penyakit jantung dan menurunkan kolesterol Anda. Toping lainnya yakni lada merah besar juga kaya akan vitamin C, A, dan B6. Keju yang dipakai dalam pizza pun juga mengandung banyak sekali protein, kalsium dan zat gizi lainnya yang sangat bermanfaat.

Lain lagi manfaat kesehatan dari adonan pizza. Pada kenyataannya, adonan pizza merupakan bahan yang tinggi akan kandungan antioksidan, dan melalui teknik memanggang tertentu antioksidan dalam adonan benar-benar dapat ditingkatkan.

Dengan banyak manfaat kesehatan yang terdapat dalam pizza maka anggapan pizza sebagai junk food akan terbantahkan. Tidak perlu ragu mengkonsumsi pizza selama tidak berlebihan. Ya iyalah, sesehat apapun makanan, kalau sudah namanya berlebihan, pasti ujung-ujungnya jadi buruk.
Jadi jangan ragu untuk memesan delivery pizza saat lapar :D