Angsio Kaki Ayam By Nila Juwita

Ada kenikmatan tersendiri menikmati Dim Sum yang satu ini....Percaya banget deh mbak Nila, ga cukup kalo cm makan satu (3funky)

Dear Trio Fungky, Teh Nicke, Mbak Shirley, Mbak Diyah dan NCCer semua...khusus buat teh Nicke, haloww teh...inget temen belajar photoscape...hehehe...fotonya juga mempraktekkan ilmu yang didapet dari ibu guru Riana nih...

Ijin ikut meramaikan NCC-Chinesse Food Week yaa...
Menu khas masakan cina ini benar-benar enak banget. Biasanya disajikan bersama dengan dimsum. Kalo makan di restoran biasanya disajikan cuma beberapa potong....Mana tahaaaannnn.....Mari kita bikin saja sendiri yuk....gampang kok, bisa puas disantap bersama keluarga, menu yang murah meriah dan nikmat ini bisa dimakan pakai nasi, bisa pula dimakan langsung tanpa nasi. Rasanya pun benar-benar menggugah selera....Pasti makan satu potong tidak akan pernah cukup....Gak percaya....Ayo Coba....!!!

Resepnya kebetulan aku ambil dari web NCC, tapi sudah dimodifikasi ala dapurnila ya....silakan untuk lebih lengkapnya klik disini
Bahan :
1 Kg    kaki ayam, goreng hingga kering, rendam dalam air es selama 3 jam, sisihkan.

Bumbu A :
2 bh     cabe merah besar , iris kasar (ditumis, sisihkan)
5 btr     bawang putih, memarkan
3 bh     bunga pekak/bunga lawang
2 cm jahe diiris
1 sdm   saos tiram
2 sdm   kecap asin
2 sdm   kecap mushroom
2 sdm   ang cioe (optional)
3 sdm   kecap manis
1 sdm   garam
½ sdt    lada
1,5 lt    air sisa perendaman ceker
1 sdm   angkak merah, rendam dalam 100 ml air, sampai merah
 ½ sdt  ngohiong
1 sdt cabe bubuk
2 sdm   tepung sagu, cairkan dengan 5 sdm air untuk pengental.


Cara Membuat :

Panaskan sedikit minyak, lalu tumis bawang putih sampai harum
Tuang ang cioe (jika pakai), masukkan semua sisa bumbu  kecuali sagu, aduk rata.
Masukkan kaki ayam goreng dan sisa air perendamnya, masak hingga empuk dan airnya menyusut.
Setelah airnya sedikit berkurang, angkat kaki ayam. Dan sisihkan.
Kemudian cairkan sagu campur ke sisa kuah ayam sampai mengental.
Masukkan kembali kaki ayam dan kemudian cabe merah yang sudah ditumis terpisah. Aduk rata.
Siap dihidangkan.