Bebek Peking By Reni Jujun

Bebek Peking buatan Mb Reni ga kalah lho denagn yang ada di restoran Chinese Food (3funky)

Yuhuu.. Para Host Chinese Food Week yang funky,
Mau ikut laporan, nih. Ceritanya mau bikin bebek peking. Ini sebenarnya dibuat atas permintaan suami. Kebetulan ada NCC Chinese Food Week, jadi deh punya bahan laporan.
Hanya saja untuk proses pembuatannya, agak menyimpang sedikit. Saat proses terpentingnya, yaitu memisahkan kulit dan daging, suami yang seharusnya membantu dengan pompa sepedanya, malahan tidur. Alhasil, kerja manual sendiri, pake sumpit dan tangan (spt proses membuka kulit di ayam kodok). Jadinya ya sobek di sana-sini. Bebek pekingnya sih tetap nekat aja dimasak. Hasil akhirnya, kulit bebek tetap krispi, tapi sayang dagingnya agak kering karena lemaknya keburu luruh sewaktu dipanggang. Tak apalah, yang penting rasanya enak, perut kenyang, suami pun senang.

Cerita lainnya bisa dilihat di blog saya.

Resep saya ambil dari 3 tempat, yaitu website Luv-a duck , blog Wholesome Cook& buku China Kulinarisch entdecken.

Bebek Peking Ala Dapur Jujun
Resep: Reni Jujun

Bahan
1 bebek (1,8 kg)
3300ml air
5 sdm madu atau maltosa -->  sy pakai maltosa
4cm jahe
3 sdm soy sauce
100ml rice wine vinegar
1 bunga lawang
1 daun bawang
2 siung bawang putih
1 sdm bumbu ngo hiong


Pelengkap:
-daun bawang, iris 3-4cm
-ketimun, iris batang 3-4 cm
-hoisin sauce
-Pancake
Bahan pancake (untuk 24-30 buah)
  450g Tepung terigu, ayak
  300ml Air panas
  1 sdm Minyak goreng
  Minyak wijen

Cara membuat pancake: 
1.     campur terigu dan air panas. Aduk hingga rata. Beri minyak goreng, aduk sampai kalis. Tutup dengan kain lembab selama 30 menit.
2.     di atas meja bertabur terigu, aduk adonan sampai licin selama 8-10 menit. Bagi adonan menjadi 3 bagian. Masing2 nanti dibagi menjadi 8-10 bagian.
3.     Bulat2kan tiap bagian, lalu pipihkan menjadi diameter 15 cm. Ambil selembar adonan pipih, oleskan minyak wijen di atasnya, lalu tumpuk dengan adonan pipih kedua (dua lembar dijadikan 1 tumpuk, dengan posisi bagian tengah yang beroles minyak wijen)
4.     panggang kedua sisi pancake tersebut di atas wajan atau wok (tanpa minyak) sampai berbercak coklat. Angkat. Lipat pancake tersebut, dengan sisi gosong di bagian tengah. Tutup dengan kain lembab 
5.     sebelum disajikan, kukus dulu selama 10 menit.

Alat lain:
Cantelan penggantung daging
Pompa sepeda

Cara membuat bebek peking:
1. Pisahkan kulit dari dagingnya.
Ini dilakukan dengan memasukkan udara ke bawah kulit bebek dengan bantuan pompa sepeda. Selipkan ventil pompa sepeda di kulit leher (antara kulit dan daging), lalu pompa sampai kulit terangkat.

2. Marinade: 

1.     Campur air, maltosa, jahe, rice wine vinegar dalam panci besar. Didihkan. Angkat.
2.     Masukkan bebek ke dalamnya. Celupkan, lalu siram2kan campuran air tersebut ke badan bebek selama 20 detik.

3. Penggantungan: Gantung bebek di lehernya dengan cantelan daging di depan kipas angin selama 2-3 jam atau 8 jam di tempat kering dan bersirkulasi baik.

4. Pemanggangan: Panaskan oven 190C. Masukkan bumbu ngo hiong, bunga lawang bubuk, daun bawang dan bawang putih (bumbu saya ulek jadi satu) di rongga perut bebek dan dioleskan juga di bagian luarnya. Letakkan di rak kawat, alasi di bawahnya dengan loyang untuk menampung tetesan lemaknya. Sesekali siram cairan marinade selama memanggang.  Panggang selama 1 jam atau sampai kulitnya terlihat krispi (patokan lama memanggang 1 jam per 1 kg daging).

Penyajian: 
1.     Siapkan selembar pancake.
2.     Letakkan irisan daging bebek bersama ketimun dan daun bawang di tengahnya. Beri sedikit hoisin sauce. Gulung pancake, bebek peking siap dinikmati :),

Salam,
Reni Jujun

Note by Host :
* bagi yang muslim bisa menghilangkan Rice wine vinegar dengan jenis vinegar lainnya
* Untuk Hoisin Sauce menurut bahan bakunya tidak ada bahan yang haram, tetapi belum ada sertifikat halal dr MUI tapi ada keterangan halal untuk product dr Lee Kum Kee ( http://hk.lkk.com/en_cop_hk/products/retail/hoisinsauce)