DIMSUM: Money Bags by Ina Kornie

Hmmm...sangat menyenangkan, bertaburan resep-resep dan foto yang indah, aaaiiih..mbak Ina Kornie fotonya bikin lidah menari-nari...(3Funky)

 
 
Dear ibu-ibu host CFW dan teman-teman NCC…..
Jadi keranjingan setor nich….
 
Dimsum yang satu ini buatnya repot dan makan waktu, tapi hasilnya bener-bener cantik.
Nama yang manis buat dimsum yang satu ini, “kantong uang” dan diharapkan yang makan akan lancar dan penuh pundi-pundi rezeki-nya. Hahaha…yang ini sih hanya analisaku aja ya…..
Aku pernah coba bungkus pakai kulit pangsit, hasilnya nggak terlalu kering, rada alot kalau sudah dingin.
Sementara dengan kulit lumpia ini, hmmmm…bunyi kriuk waktu kita gigit bagian atas kantong dan juicy bagian bawah kantong. Makan satu pasti nggak akan cukup.
 
Bahan:

100 gr udang kupas, cincang kasar
200 gr ayam giling
2 siung bawang putih, cincang halus
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/2 sdt lada bubuk
1/2 sdt minyak wijen
2 sdm saus tiram
1 btr telur
25 ml air es
50 gr tepung sagu
150 gr water chestnuts kaleng, potong dadu kecil
25 lbr kulit kulit lumpia siap pakai ukuran mini.
Minyak goreng


Cara membuat:
1. Bahan isi: aduk rata udang, ayam, bawang putih, garam, gula pasir, lada, minyak wijen, saus tiram, dan air es. Tambahkan tepung sagu, uleni sampai rata. Masukan water chestnuts dan telur, campur sampai rata.
2. Ambil selembar kulit lumpia, beri 1 sdt munjung isi. Oles dengan air bagian kulit sekeliling isi, lipat membentuk kantong. Pluntir bagian tengah dengan menekan rapat bagian tengah agar isi tidak keluar. Ikat dengan tali kalau perlu.
3. Goreng ‘kantong’  sampai matang keemasan, sajikan dengan saus sambal.

 Note: maaf pak Wisnu, photonya kegedean dikit.
--------------------------------
Ina Kornie
http://mamadidapur.blogspot.com/
7/9-11 Ewos Parade
Cronulla 2230
Australia
------------------------------
--