Hainan Chicken Rice by Kim Kim

OOOOhh ...siapa yang ga kenal sama Kim Kim...jago niih fotonya !! liat aja ayam di sumpit gituuh ??? waah bayangin kaya film Harry Potter, semua foto bergerak, trus itu sumpit yang isinya Ayam Hainan ..masuk deh ke mulutnya host ....Jyaaahh mimpi kali yeee..tapi resepnya beneran loo..!! (3Funky)

Selamat Hari Minggu Para Ibu Trio Funky,
 
Perkenankan daku ikut Chinese Food Week yah....(asli ngiler dengan logo nya) Cakeeeeep, kasih 2 jempol deh.
Menurut sumber dari Wikipedia, Hainan Chicken Rice berasal dari China, tapi lebih kenal kalau makanan ini berasal dari Singapore. Kalau di Singapore masakan ini sering ditemukan di gerai food hawker.
Sebetulnya Hainan Chicken Rice yang berasal dari Hainan cuisine juga disebut "Wenchang Chicken" (文昌雞).
 
Resep ini saya adaptasi dan peroleh dari www.steamykitchen.com
 
Hainan Chicken Rice

Bahan:

Untuk Kaldu Ayam
1 ekor ayam kampung yang sedangGaram secukup nya4 inch jahe yang dipotong-potong2 btg daun bawang, dipotong-potong 1/4" (ambil yg hijau dan putih)
Untuk Nasi
1 sdt minyak wijen untuk nasi
2 sdm minyak sayur3 siung bawang putih yg telah dicincang halus1 ruas jahe yang telah dicincang halus2 mangkok beras, dicuci, kemudian direndam selama 10 menit atau lebih
2 mangkok dari air kaldu ayam1/2 sdt minyak wijen
Untuk sauce
1 sdt garam
1 sdm air jeruk nipis2 sdm air kaldu ayam2 sdt gula4 sdm sriracha chili sauce (bisa beli disupermarket)
4 siung bawang putih1'' gingergaram secukupnya
Daun ketumbar sebagai garnish
2 buah tomat, dipotong melintang
2 buah timun dipotong bulat

Cara Membuat:

1. Bersihkan ayam kampung, setelah itu kasih garam baik diluar dan di dalam, sambil memberi garam saya mengurut ayam supaya lemak yang disekitarnya bersih. Kemudian isi perut ayam dengan potongan jahe dan daun bawang.
Siapkan panci dan beri air sampai ayam terendam penuh diatas nya sekitar 1 inch. Masak sampai mendidih, setelah mendidih kecilkan api, rebus ayam sampai empuk kurang lebih 1 jam.
2. Setelah ayam empuk, angkat ayam tersebut dan cemplungkan ke air yang telah diisi es batu. Sambil didinginkan keluarkan jahe dan daun bawang dari perut ayam. Sisihkan.
3. Untuk membuat nasi, tumis jahe dan bawang putih dengan minyak goreng plus minyak wijen sampai harum kemudian masukkan beras yang telah direndam. Tumis beras sampai harum, kemudian masukkan minyak wijen. Masukkan beras tersebut ke rice cooker dan beri kaldu ayam.
4. Sambil menunggu nasi masak, keluarkan ayam dari air dingin, kemudian oleskan minyak wijen dan cincang ayam sesuai yang diinginkan.
5. Untuk membuat chili sauce: Campur semua bahan chilli/sambal kemudian blender sampai halus.
6. Untuk membuat kuah kaldu, tambahkan garam secukupnya ke air kaldu masak hingga mendidih lagi. Bila perlu kasih merica sebagai tambahan.
Sajikan ayam tersebut dengan garnish daun ketumbar, tomat, timun, kaldu dan saus sambal.
Selamat Mencoba!
Mudah-mudahan tidak over kuota ya gambarnya.
Terimakasih,
Kimkim