Salad Celery Tahu Jahe By Anna Giovanni

Varian salad yang satu ini selain unik juga cocok buat yang diet dan vegetarian.... (3funky)

Dear trio funky & NCCers yang keren,

Ceritanya saat pertama membaca resep ini di Chinese Food DIY by Helen Wang, ….. yeek ! kog dressing nya pake brown sugar sih. Di sisi lain,  salad ini cocok banget untuk vegetarian dan yang  diet. Rendah kalori, rendah lemak, kaya serat dan tahu adalah protein nabati terbaik. Paling siip ya dicoba. E…enak kog, justru dressing ini yang  jadi pembeda dengan western salad atau salad yang berasal dari manapun. Mudah menyiapkannya untuk ibu sibuk yang tetap ingin menyajikan makanan sehat. Untuk pack lunch, tinggal dipisah dressingnya.
Finaly, kulaporkan untuk ngeramein  Chinese Food Week NCC.

Salad celery tahu jahe (V)

Bahan :
8 batang celery (resep aslinya, dicelup air mendidih selama 2 menit)
1 kotak tahu putih
1 buah cabe merah
4 cm jahe muda
  Daun untuk salad secukupnya(petik, cuci dibawah air mengalir, tiriskan)

Dressing :
1 sdm minyak wijen
1 sdm kecap asin
1 sdt brown sugar
  Sejumput garam

Cara :

Cuci bersih celery dibawah air mengalir, setelah dibuang sedikit ujung atas dan bagian bawah. Potong memanjang ukuran 5 cm, tiriskan agar air bekas mencuci menetes kebawah.
Cuci bersih, pastikan semua bagian tahu dilewati air yang mengalir lalu rebus atau kukus sebentar,10 menit, dinginkan. Potong tahu sebesar jari telunjuk, lalu bagi dua.Tiriskan agar sisa airnya menetes kebawah.
Cuci cabe merah, buang bijinya, cuci sekali lagi. Lap dengan tisu dapur hingga kering, potong tipis memanjang, kira-kira 5 cm. Sisihkan.
Kupas jahe, cuci bersih lalu potong memanjang, tipis, kira-kira 5 cm. Lap dengan tisu dapur, pastikan tidak ada air bekas mencuci yang tersisa.
Dressing : Keringkan mangkok,letakkan minyak wijen, kecap asin dan brown sugar didalamnya. Campur rata, sisihkan.
Penyelesaian : Pastikan sekali lagi, bahan salad bebas dari air bekas mencuci, karena sisa air akan mempengaruhi ketajaman dressing yang diinginkan. Keringkan mangkok yang cukup besar, letakkan bahan salad kecuali tahu. Letakkan tahu pada wadah terpisah, yang memudahkan kita saat mencampurnya dengan sebagian kecil dressing. Tuang sisa dressing kedalam mangkok yang berisi bahan salad yang lain, campur rata.Masukkan tahu yang sudah terbalut dressing kedalam mangkok besar, campur perlahan dengan bahan salad yang lain.
Penyajian : Atur salad daun diatas piring saji, tuang salad diatasnya, rapikan. Salad siap dihidangkan.

 salam CFW
 anna giovanni
 pawonannagio.webs.com