Tim Ikan Sauce Hongkong by Tri Palupi

Selamat malam Ibu Trio Host Funky ............

Senengnya sudah kembali dimulai acara “Weeks” di NCC yaitu NCC Chinese Food Week. Pasti teman-teman semua semangat untuk mencoba dan berkreasi didapur masing-masing.Mudah-mudahan laporan saya ini sesuai dengan thema yang telah ditentukan, jadi gak harus kena centong (jangan yah Ibu Host... kalo salah dikasih soen saja dari jauuuuh..... hehehe......)

Beberapa waktu ini, saya sedang menjalani diet colestrol .... mau tidak mau menu yang dipilih harus menggunakan tekhnik masak dikukus, direbus, di tim atau dibakar/panggang ....jadi bener-bener mengurangi bahan makanan yang berbau lemak dan minyak.Nah, malam ini saya membuat Tim Ikan Nila dengan Sauce Hongkong ..... rasanya yummy ...... lezaaat sekali ....

Berikut saya lampirkan resepnya:

TIM IKAN SAUCE HONGKONG
Resep Tri Palupi (modifikasi sendiri)

Bahan:
Ikan Nila 1 ekor (uk. 400 gram)
Garam
Jeruk nipis

Bahan Sauce:
Bawang putih 5 siung, cincang halus
Jahe 1 jempol, cincang halus
Lada halus sepucuk sendok teh
Garam secukupnya
Gula Pasir secukupnya
Soy Sauce 1 sendok makan
Sauce Tiram 1 sendok teh
Kecap Ikan 1 sendok teh
Minyak ½ sendok makan
Kaldu 300 cc

Hiasan:
Daun bawang
Cabe merah
Tomat

Cara membuat:
- Siapkan panci tim atau bisa menggunakan pinggan tahan panas dan kukusan
- Panaskan panci tim/kukusan
- Masukkan ikan yang sudah disiangi dan diberi goresan pada kedua sisinya dengan pisau kedalam pinggang tahan panas, taburi dengan sedikit garam, air jeruk nipis, dan cincangan jahe, lalu ikan di tim selama kurang lebih 20 menit.
- Setelah matang, angkat dan biarkan sementara waktu dalam panci tim/kukusan

Membuat sauce: bawang putih dicincang halus, lalu ditumis dengan minyak sampai harum, masukkan kaldu dan masukkan bumbu-bumbu, masak sampai mendidih.

Cara penyajian: siapkan piring saji, pindahkan ikan ke atas piring saji, beri hiasan daun bawang dan cabe merah, lalu siram dengan sauce hongkong.
Tim Ikan siap disajikan.

Terima kasih Ibu Trio Host Funky ..... dan Happy NCC Chinese Food Week.

#jangan tanya ke saya mengapa saya memilih nama Sauce Hongkong, yang pasti biar ada bau-bau Chinese Food saja hehehe.....#

Salam
Pipi