Ayam Masak Angkak by Mariani

Masakan yang satu ini selain rasanya yang enak,  banyak khasiatnya juga lhooo.... (3Funky)

Permisi mau setor resep dan foto buat CFW yg ke-2. Mumpung baru selesai dimasak, buat bekal anak sekolah esok pagi. Ini makanan yg berkesan bagi anak saya, dulu pertama kali dimasakkan oleh tante saya untuknya.  Sampai sekarang, tiba-tiba kemarin anak saya meminta saya masak karena kangen sama tante.
Makanan ini berkhasiat untuk menambah darah (trombosit), berguna untuk wanita yg baru melahirkan, anemia, mengalami pendarahan/ sehabis operasi, menstruasi (maaf) yg terus menerus, dan demam berdarah. Tante selalu memasak ini tiap hari karena dulu dia menderita pendarahan akut setelah operasi kandungan. Semoga resepnya berguna bagi teman-teman yang lain.

Ayam Masak Angkak
Bahan:
1 ekor ayam kampung betina yg gemuk
3 bonggol bawang putih (dikupas + diulek halus)
50 gr angkak (dihaluskan sampai jadi tepung)--- kurangi kalo ttakut pahit
200 ml kecap manis (untuk menetralisir rasa pahit angkak)
Gula pasir atau madu  secukupnya.
3 Telur ayam Kampung/bebek,  rebus (dikupas)
Minyak goreng
Arak merah Cina* -- terserah mau pake ini atau tidak (dijual ditoko obat Chinese -- utk sehabis melahirkan)

Cara:
1. Potong ayam jadi 8 bagian. Sisihkan.
2. Panaskan minyak goreng, masukkan bawang sampaii harum, aduk. Kecilkan api, masukkan angkak, aduk terus (jangan sampai hangus, nanti pahiiitt). 3.Masukkan ayam, aduk sampai warnanya merah.
4.Tambahkan kecap, aduk lagi sampai lengket. Tuang air, masukkan telor rrebus, aduk. Beri gula, sambil rasakan apakah sudah cukup manis. Biarkan mendidih.
5.Tutup panci, gunakan api kecil, masak sampai ayam empuk dan kuah sisa separuh. Matikan api
6. Sajikan panas dengan nasi putih. Bagi yang suka, sebelum makan, ayam diberi arak sedikit (berguna untuk kaki dan tangan yang dingin setelah melahirkan).
Tapi Masakan saya tidak memakai arak karena memang menghindari alkohol, untuk anak.

Salam,
Mariani @ Banjarmasin

Catatan:
Angkak rasanya agak pahit, jadi usahakan menyeimbangkannya dengan gula, kecap  atau madu. Kalau takut pahit, gunakan angkak sedikit saja (kurangi resepnya) tapi warna dan khasiatnya nya akan berbeda. Di toko obat Chinese, mereka menjual angkak per bungkus (sudah ditakar), ada juga di Hypermart.

Note ;
* Bisa tidak dipakai  bagi yang muslim