Bakpao Ayam Jamur by Lady

Melakukan aktivitas baking bareng anak2 pasti aktivitas yang sangat menyenangkan dan seru......walaupun kadangkala sering ribet dengan berbagai tingkah polahnya tapi ini juga bisa jadi satu hiburan buat kita..... (3funky)

Dear Trio host CFW NCC yang funky abis
Bakpao ini saya kerjakan sekitar pertengahan Mei yang lalu.. stok lama, semoga bukan halangan untuk turut serta meramaikan event online CFW ini.. ngiler berat liat badge yang keren itu..
Jadi inget serunya membuat bakpao bentuk mawar ini, dua tangan membentuk bakpao, satu kaki mengayun-ayunkan stroller berisi anak bungsuku Gabe.. sambil mulut komat kamit menjawab pertanyaan bang Ramos yang ga henti-hentinya bertanya dan berkomentar soal bakpao bikinannya. Bikinnya seru, hasilnya enak, seisi keluarga suka. Sebagian bakpao saya isi dengan muisjes sesuai permintaan Ramos.. Bakpao ayam jamurnya cocok dinikmati dengan cocolan sambal botol.
Ini dia resepnya :



















Bakpao Ayam Jamur-Kompas Female
Bahan kulit bakpao:
I Biang: 200 gram tepung terigu cap cakra
150 cc air
1 pak fermipan (11 gr)
II 300 gr tepung terigu
seperes sdt garam
50 gr gula tepung
150 cc air
40 gr margarin, lumerkan
seperes sdt baking powder
(aku tambahkan susu bubuk 3 sdm)
Bahan isi:
¼ kg fillet ayam cincang
2 ons jamur merang, iris tipis
1 ons rebung, cincang
3 batang daun bawang, iris halus
4 siung bawang putih, memarkan, isi halus
garam, kecap asin, kecap manis, merica, gula, penyedap
minyak untuk menumis

Cara membuat kulit bakpao:
1. Biang: semua bahan disatukan, uleni sampai adonan kalis, tidak melekat pada tangan. Diamkan ± 1 jam sampai adonan melar kira-kira 2 x semula.
2. Bubuhi bahan II, ratakan, uleni sampai adonan kalis dan tidak melekat pada tangan.
3. Bagi adonan menjadi lima gulung. Tiap gulung dibagi lima sehingga semuanya menjadi 25 potong. Isi dengan isi yang sudah disiapkan, taruh di selembar daun yang sudah dipotong persegi. Diamkan ± ½ jam lalu kukus sampai matang ± 10 menit.
4. Tutup langsung dibungkus dengan serbet supaya tidak ada air yang terjatuh.

Cara membuat isi:
1. Bawang putih ditumis sampai harum baunya, masukkan ayam, aduk-aduk sampai ½ matang, masukkan rebung, jamur dan daun bawang.
2. Aduk-aduk lagi beberapa saat, bubuhi bumbu dan kira-kira ½ gelas air, masak sambil kadang-kadang diaduk sampai airnya habis, kentalkan dengan larutan tepung kanji, ratakan, angkat.
3. Bagi menjadi 25 bagian. Diisi setelah dingin.
Resep by Nyonya Rumah
Salam manis,
Lady