Hok Lo Pan aka Martabak Manis by Fitria

Laporan lanjutan dr Mb fitria.....kali ini martabak manis....salah satu kelebihan dari kue ini kita bisa isi bagian  tengahnya dengan banyak varian...coklat meisis,keju,kacang tanah, wijen hmmm sukses bikin ngecess hehehehe ( 3Funky) 

hai (lagi) trio funky host...

ini kayak ngejar setoran saking pengennya narsis di cfw.
dari dulu aku memang fans banget sama martabak ini. dan obsesi pengen banget bisa bikin sendiri.
agak ragu juga sebetulnya ini bisa masuk cfw ga ya, tapi silahkan di tentukan sepenuhnya sama trio host ya..
dari beberapa sumber di katakan bahwa martabak manis ini berawal dari keturunan Hakka di Bangka Belitung. jadi ini makanan khas Bangka Belitung ya.. (tapi karena ku pikir ini ciptaan dari keturunan Hakka, pasti ada unsur-unsur atau pengaruh dari cina juga ya, jadi ku pikir bisa masuk cfw ini...mohon di revisi pemikiran sendiri ini ya..). salah satu sumber yang menceritakan ini ada di http://www.prlog.org/10669187-martabak-bangka-hok-lo-pan.html
walaupun kalo kita search dgn kata kunci martabak muncul juga sumber yang mengatakan kalo martabak muncul dari arab/india. tapi menurutku sumber arab/india lebih condong ke martabak asin /martabak telor ya...(sekali lagi, pemikiran sendiri aja...maap kl salah).

resepnya aku ambil dari bukunya john dean "Rahasia Usaha Kecil & Menengah) Martabak Manis" dengan modif dari aku sedikit. oh ya untuk modif yang aku buat, hasil jadinya 2 loyang martabak uk bawah lebkur 20 cm, atas 22 cm 
PS: rasa martabak ini aku suka banget, soalnya ga pake BP atau ragi, jadi mirip punya abang-abang.
berikut resepnya


Martabak Manis
Bahan:
1000 gr tepung terigu protein sedang (aku pake 330 ajah)
250 gr gula pasir lokal (aku pake 65)
1300 ml air putih (aku 470ml)
1 gr vanili (aku suka pake suka ga)
15 gr garam (aku 1/2 sdt)
4 kuning telur (aku 2 kutel)
soda kue (takaran dijelaskan dibawah ya)
air campuran soda kue (takaran dijelaskan dibawah)
gula pasir untuk taburan
susu kental manis
mentega/margarine
keju/coklat/kacang/dsb

Cara:
1. campur semua bahan kecuali soda kue dan air campuran soda kue. aduk sampai rata (aku biasanya pake baloon whisk aja), ga ada yang ngegerindil. hasil akhirnya agak kental kl dibandingin sama abang-abang tukang martabak punya. kl sudah rata, tutup dan diamkan lebkur 1 jam (aku kadang 2 jam atau lebih..begini ni kl punya 2 balita, masaknya kl sempet..hehehe).
2. bagi adonan menjadi 2 sama rata
3. untuk tiap bagian adonan, siapkan 1 sendok sayur, isi air (lihat air campuran soda kue)+ 1/3 sdt soda kue. aduk rata sambil aku biasanya aduk2 sambil di tarik-tarik (dituang tuang ke atas kayak teh tarik, terinspirasi dari abang martabak kl mau nuang adonan ke loyang kan suka di tarik-tarik dulu tu...). nah kegiatan narik-narik ini sambil manasin loyang martabaknya. ohya, campuran air+soda kue ini baru di campur ke adonan kl mau di tuang ke loyang ya..jadi jangan dimasukin dari awal adonan.
4 kl loyang udah cukup panas dengan api sedang (bisa di cek dengan 2 butir gula, kl udah mulai meleleh, berarti panasnya pas segitu. diapalin de tu panasnya. kl dituang adonan bunyi mendesisnya rame, berarti kepanasan, kl ga rame atau malah ga bunya, berarti kurang panas..bingung? sama. intinya trial and error, kenali loyangmu...horeee...(curhat dari orang yang masih juga sering salah nebak suhu loyang-terbukti dari photo martabak yg gosong kulitnya..hiks), tuang adonan, teken dikit ke pinggir loyang supaya kebentuk pinggirannya, pelototin sampe muncul buih-buihnya (lumayan tahap awal nyaris berhasil). kl udah buih-buihnya penuh di seluruh permukaan, taburkan gula. biasanya api aku kecilin, tutup tunggu permukaan yang masih basah jadi kering/matang. angkat..
5. oles mentega/margarine (enaknya mentega, apalagi kl wisjman, bisa bikin martabak lebih tahan empuk dari pada margarine), skm, dan topping yang diingikan....
potong, sajikan. (biasanya suka juga kulitnya di oles mentega ya biar makin lumer dimulut makannya...plus plus lemaknya...)

gitu ajah ya host..udah panjang banget rasanya..
semoga mmg bisa masuk cfw nih..fuih...(sambil nyeka keringet bis membuat cerpen martabak manis)

salam martabak manis,

fitria
fb: fitria abdullah