Nasi Ayam dan Brokoli Siram by Arum Endah

Resep yang dipakai Arum ini hasil koleksi ibunya dari zaman tahun 80-an. Pastinya enak dan sehat, makanya bisa jadi resep andalan keluarga selama 30 tahun lebih. Yang asyik, di tulisannya ini Arum juga mengenalkan ulang cara membuat nasi menggunakan cara aron. Hayyoo, siapa yang sekarang cuman bisa bikin nasi pakai magic com (3Funky)

Dear Trio Host CFW yg cantik dan NCCers..

ABG mau sumbang resep untuk chinese food week nih. Mudah2an gampang diikuti ya resepnya. Resep saya dapat dari bonus booklet resep masakan Majalah Kartini kepunyaan ibu saya dulu, yg saya tau sdh ada booklet tersebut sejak saya SD kelas 2 thn 80 an..dah lama banget ya. Kebeneran judulnya Masakan Cina dan Hidangan Taiwan untuk brokoli siramnya.

Nasi Ayam harusnya dengan panci presto, tp berhubung gak punya jadi saya modifikasi dari cara masaknya dan banyaknya beras sehingga bumbu menyesuaikan. Jadi saya sumbang 2 resep ya :)

Berikut resepnya:

NASI AYAM
Bahan:
1,5 gelas belimbing beras (resep asli 4 gelas)
1,5 gelas belimbing air (resep asli 4 gelas)
½ ekor ayam
2 sdm kecap asin jepang
1sdt garam
3 siung bawang putih dimemarkan
2 sdm minyak wijen

Cara membuat :
Ayam dibersihkan, dilumuri jeruk nipis kemudian dipotong 4 dan dilumuri kecap asin jepang. Diamkan selam 1 jam. Cuci beras hingga bersih. Ambil wajan, masukkan minyak wijen tumis bawang putih yg telah dimemarkan sampai harum. Masukkan beras, aduk kemudian masukkan air tambahkan garam. Masak hingga beras menjadi aron dan air susut.
Masukkan nasi aron tadi kedalam dandang yang telah dipanaskan, letakkan potongan ayam tadi diatasnya. Kukus hingga matang.
Dihidangkan dengan potongan ayam diatas nasi taburi dengan bawang daun dan dimakan dengan sambal jahe.

Sambal jahe:
6 bh cabe merah keriting direbus kemudian dihaluskan.
1 potong jahe ukuran kira2 2 sm, dikupas dan diparut,
5 sdm kecap asin.
Campur semua, kemudian aduk rata.

BROKOLI SAUS TIRAM (Hsu Yu Yang Hwa)
Bahan:
300 gr brokoli
1 sdm minyak goreng
4 sdm saus tiram
1 sdt garam halus

Cara membuat:
Didihkan air yang telah ditambah garam dan minyak, masukkan brokoli rebus selama 5 menit. Air jgn sampai melebihi sayur di dalam panci. Kemudian angkat dan tiriskan. Letakkan dalam pnggan panjang, taburi dengan parutan bawang putih siram dengan saous tiram. Lezat dimakan panas-panas.


Arum Endah
www.arumendah.blogspot.com
YM ID :aroem_14