Nasi Bakmoy by Meinawati PS

Menu nasi bak moy ini sering sekali muncul di acara arisan dan kumpul2 lainnya. Selain pengerjaannya tidak sulit, rasanya cukup enak dan kuahnya menyegarkan. Di Jawa Timur, bukan sambal kecap tapi sambal petis yang dipakai. Meinawati menjajal resep Ina Elkaje yang dikenal sedap. Anda mau juga? (3Funky)

Awal CFW, semangaattt banget ngumpulin resep chinese food... Tapi emang dasar nafsu besar, tenaga kurang....hehehe... Jadi sekian hari berlalu, sampe CFW-nya udah mo kelar, teteup aja belum nyoba satu reseppun.. Lha kapan dapat badge-nya?

Jadi pas libur warung, diniati deh nyoba masak..dan pilihan jatuh pada nasi bakmoy. Di antara sekian banyak resep, aku pilih resepnya mbak Ine Elkaje...(makasih resepnya ya mbak, ijin nyontek..)

Aku pernah nyoba bakmoy pertama kali di semarang, beberapa tahun lalu. Tapi setelah itu gak pernah makan lagi, walopun sering ke semarang. Nah, dari blognya mbak Ine juga aku baru tau, bahwa nasi bakmoy ini sudah seperti makanan wajib di rumah duka, untuk hidangan para tamu yg datang. Mungkin juga dari segi kepraktisan penyajiannya, karena dalam satu piring sudah lengkap nasi, bakmoy plus kuah kaldunya. Enak dan mengenyangkan...hehehe... Nah, kalo ada info lain mengenai nasi bakmoy ini, pls sharingnya ya teman-2...

So, peri-2 host CFW yang cantik-2...ini setoranku yaa...

Nasi Bakmoy
Resep: Ina Elkaje

Bahan:
2 buah tahu cina, potong 1/2 X 1/2 cm, goreng setengah matang
200 gr daging ayam, rebus sampai matang, potong2 kecil2 sebesar tahu. Sisihkan kaldunya untuk kuah.
5 buah telur ayam, di rebus, kupas kulitnya.
2 sendok makan ebi, di rendam, dihaluskan
3 bawang putih di geprek
2 sendok makan kecap asin
10 sendok makan kecap manis (atau sesukanya)
saus tiram (tambahanku)

garam secukupnya
merica secukupnya

Kaldu:
1.5 liter kaldu bekas merebus ayam (kalau kurang tambahkan air)
1 iris jahe
garam
bawang putih goreng, dihaluskan

Sedikit gula pasir (tambahanku)

Pelengkap:
2 bawang putih di uleg halus, tambah dengan 10 sendok makan air matang (Cuma aku uleg aja, gak dikasih air)
sledri di iris halus
bawang merah goreng
sambal kecap (dari cabe rawit diuleg, campur dengan kecap manis)

Cara:
Tumis bawang putih geprek dengan sedikit minyak sampai harum, masukkan ebi.
Masukkan daging ayam, kecap asin, kecap manis, tahu, garam, merica dan sedikit air,
asal tahu terendam air. Masukkan telur rebus, masak sampai bumbu meresap dan
telur berubah warna menjadi kecoklatan. (kira kira air menjadi 1/2 bagian)
sisihkan.

Kaldu:
Rebus bahan kaldu sampai mendidih, cicipi agar rasa asinnya pas, tambahkan bawang putih goreng.

Penyelesaian:
Taruh Nasi putih di mangkuk, tambahkan bakmoy dengan sedikit kuah coklatnya, setengah telur kecap, Tambahkan 1 atau 2 sendok makan air bawang
putih mentah
taburi seledri dan bawang merah goreng.
Siram dengan kaldu yang mendidih.

Dimakan dengan nasi dan sambal kecap (plus krupuk udang)

Menurut mbak Ine, tanpa air bawang putih rasa bakmoy akan kurang istimewa. Kalo aku selain air bawang putih, ebi juga keharusan dalam bumbunya. Karena tanpa ebi, rasa bakmoy-nya hanya seperti semur aja...hehehe...

Tapi secara keseluruhan, aku suka rasanya...ringan, lengkap (gurih, manis, pedas)...pokoknya enak deh...:))

Salam,

Meinawati PS
FB : Bebek Dapur Saga
http://dapursaga.blogspot.com
HP. 087881514864