Siomay by Desy Hidayat

Siomay selalu disuka oleh tua dan muda. Jika Anda selalu tergiur ketika melewati penjual siomay, mungkin sudah waktunya untuk belajar membuat sendiri. (3Funky)

Dear Trio funky CFW,
Mau ikutan setor ya, secara naksir berat sama logonya itu dan berniat untuk mengoleksi badge dari week-weekannya NCC...logo2 nya so cute....

Langsung saja ke tujuan, menurut wikipedia Siomai atau siomay adalah salah satu jenis dim sum. Dalam bahasa Mandarin, makanan ini disebut shaomai, sementara dalam bahasa Kanton disebut siu maai. Dalam dialek Beijing, makanan ini juga ditulis sebagai 燒麥, dan juga dibaca shaomai. Kulit siomai adalah serupa dengan kulit pangsit. Makanan ini konon berasal dari Mongolia Dalam.

Kali ini siomay ala aku yang tidak terlalu menyimpang dari resep2 NCC.

Siomay

Kulit:
10 lembar kulit siomay, gunting bentuk bulat

Isi:
100 gram udang, kupas, cincang
100 gram daging ayam, cincang
1/2 batang daun bawang, cincang
1 butir telur
3 sendok makan tepung maizena
1/8 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir
1 sdt garam
1 sdt kecap asin
1 sdt minyak wijen
1 sendok makan minyak
wortel parut secukupnya

Cara membuat
1. Isi: campur semua bahan, aduk sampai rata.
2. Ambil selembar kulit pangsit, letakkan 2-3 sendok teh adonan isi di bagian tengahnya, genggam dengan tangan, ratakan permukaannya, lalu ulangi hingga bahan habis/cetak dengan cetakan kue talam, taburi dengan wortel. olesi permukaannya dengan minyak
3. Panaskan air dalam panci kukus hingga mendidih, lalu masukkan siomai, kukus hingga matang (selama 15-20 menit), angkat.
4. Biasanya siomai disajikan bersama-sama dengan Saus Cabai atau saus kacang.

Thanks.
Best regards,
Desy Hidayat