Sweet and Sour Sausage by Andini

Hmmmmm....look favorit keluarga nih, ide baru untuk mengolah Sosis, kita coba deeehh...(3Funky)
 
 
Malam semua..
khususnya Trio Funky CFW :)
 
Setelah hampir 1 thn jadi anggota pasif krn hamil dan melahirkan, kali ini mau ikutan CFW dong, secara kl baking masih cuti.. ini juga disaat saat terakhir baru setor, baru sadar sekarang udah mau tanggal 10 November, hehehe..
Baru buka email dan ternyata udah 10,000an email kali dari NCC, cape bener bukain tiap hari :P, tapi seneng bgt bisa ikutan lagi event di NCC :) .. kangen bgt sama temen2 NCC :P, skr udah banyak bgt ya anggotanya, padahal baru ditinggal 1 thn, hehehe..
 
Masakan ini gampang banget bikinnya dan jadi favorit aku dan suamiku, bikinnya cepet, dan rasanya enak, bisa untuk sarapan, bisa juga untuk makan siang ataupun malam. bahannya bisa diganti ayam/ikan/baso/udang/cumi, dll sesuai selera aja ya. kl sosis emang kesukaan suamiku.. Resepnya sih banyak dimana mana, tapi ini udah kumodif sesuai dengan selera keluarga kecilku :)
 
ini resepnya
 
SOSIS ASAM MANIS
by. Andini Apple 
 
Bahan :
Sosis sapi/ayam 7 bh - iris serong ( bisa juga diganti ayam, cumi, ikan, dll ) - atau secukupnya, aku buat sarapan ber 4
Minyak goreng

Saus :
Bawang putih 3 siung
Bawang bombay 1/2 siung
1,5 sdm margarin untuk menumis
Saos Tomat setengah botol plastik kecil
tepung maizena 2 sdt
air untuk melarutkan tepung 1/2 gelas belimbing
air untuk mengencerkan saos ( secukupnya )
Gula pasir ( secukupnya - sesuai selera )
Minyak wijen 1 sdm ( bisa ditambah sesuai selera )
Kecap inggris 1 sdm ( bisa ditambah sesuai selera )

Pelapis : ( kalau waktunya banyak gpp, kl ngga mau pakai juga bisa )
250 gr tepung terigu
Garam secukupnya
Lada secukupnya
Air secukupnya
Campur dan aduk bahan pelapis hingga tercampur rata
* garam dan lada bisa diganti kaldu bubuk/blok


Directions:
Cara membuat :
Panaskan minyak goreng secukupnya
Masukkan sosis yang telah dipotong serong ke adonan pelapis hingga tercampur rata,
Goreng hingga kecolatan lalu sisihkan

Saus :
Larutkan maizena dalam air, aduk rata dan sisihkan
Panaskan margarin
Masukan bawang bombay dan bawang putih, tumis hingga wangi ( api jgn terlalu besar biar ngga gosong )
Masukkan saus tomat dan air secukupnya
tambahkan gula, aduk rata dan rasakan apa sudah sesuai selera.
tambahkan minyak wijen dan kecap inggris
apabila sudah timbul gelembung kecil, masukan maizena sedikit demi sedikit hingga menemukan kekentalan sesuai selera. setelah mendidih, matikan

Ada 2 cara penyajian, sesuai selera aja :
1. masukan sosis yang sudah digoreng ke dalam saus dan aduk hingga rata, lalu siap dihidangkan
2. tata sosis yang telah digoreng di piring saji, lalu siramkan saus asam manis

* kalau mau terasa crispy, berarti pilih cara ke 2. kalau dirumah sukanya meresap jadi pilihannya yang nomor 1..

Selamat mencoba ya..
 
Rgds,
Andini Apple