Tim Ikan Pecah Kulit by Vivi Meliana

Sempat bingung dengan istilah "pecah kulit", kirain ini salah satu teknik memasak yang bikin kulit ikan jadi pecah-pecah. Rupanya ini nama ikan yang dipakai oleh Vivi untuk membuat tim. Daging ikannya tidak kenyal seperti daging ikan pada umumnya, namun ternyata enak diolah untuk macam-macam masakan. (3Funky)

Hai hai hai trio funky.... *sambil menggas menggos lari2 nguber hari terakhir cfw*. Masak'nya sih udah dr seminggu yang lalu tapi mau kasih watermark'nya lelet pisan... :) Padahal dah ngiler banget ama badge'nya cfw...

Ikan Tim adalah salah satu makanan favorit hubby kalau lagi gak enak badan... Kebetulan waktu itu ketemu ikan pecah kulit uk' 1kg se'biji'nya dibagi 2, bagian kepala buat masak steamed fish...

Ikan pecah kulit termasuk ikat favorit... Karena jarang ada. Sekilas seperti ikan rusak karena daging'nya lembek kalau dipegang, padahal itu memang typical ikan jenis ini... Dibakar enak, digoreng enak, di tim juga enakkkkk...
Berikut resep'nya:

TIM IKAN PECAH KULIT
Resep: Vivi Meliana

Bahan2:
*1 ekor ikan pecah kulit, lumuri dengan air jeruk nipis dan garam lalu bilas
*100gram daging ayam/udang cincang
*3biji jamur shitake (boleh pake yang fresh maupun yg kering)
*5siung bawang putih cincang
*2cm jahe iris tipis
*3batang daun bawang ambil putih'nya iris2 kasar
*1sdm saus tiram
*2sdm kecap ikan
*1sdm kecap asin
*50cc minyak sayur
*25cc minyak wijen

Cara memasak:

1. Panaskan minyak sayur dan minyak wijen, masukkan bawang putih dan jahe hingga harum, masukkan daging udang/ayam cincang da shitake.
2. Tambahkan kecap ikan, kecap asin, saus tiram. Masak sebentar aja.
3. Tuang tumisan tadi ke atas ikan yang sudah ditaruh di piring. Tambah kan daun bawang di atas'nya.
4. Kukus dengan api besar 25mnt.

Jadi deh...

Salam,

Vivi Meliana
http://amusedkitchen.blogspot.com
fb: amusedkitchen